CLASS, OBJECT, dan METHOD
Class (kelas) merupakan wadah yang akan digunakan untuk menciptakan object sehingga sebelum membuat object harus membuat class terlebih dahulu.
Object (objek) adalah sekumpulan data dalam program yang terdiri dari variabel dan method terkait. Object saling berinteraksi dengan cara saling memanggil method dari satu object ke object lainnya yang disebut message. Dengan kata lain, object merupakan instance sebenarnya dari sebuah class. Instance dibuat saat dilakukan inisialisasi class dengan menggunakan kata kunci new.
Method adalah prosedur atau fungsi yang dimiliki oleh sebuah object. Karena pada dasarnya merupakan prosedur atau fungsi, maka method ini akan mengolah atau mengubah data atau variabel yang ada di dalam object sesuai dengan operasi yang telah ditentukan.
Cakupan variabel (variable scope) ini menentukan seberapa luas variabel dapat diakses. Cakupan variabel ini terbagi menjadi dua, yaitu global dan local. Variabel global merupakan variabel yang ada di dalam class dan dapat diakses oleh semua method dalam class, sedangkan variabel local merupakan variabel yang ada di dalam method dari suatu class sehingga hanya dapat diakses oleh method itu sendiri.
Class dideklarasikan dengan cara sebagai berikut:
modifier class nama_class
{
/*body dari class
deklarasi atribut
deklarasi konstruktor
deklarasi method*/
}
Method dideklarasikan dengan cara sebagai berikut:
modifier type nama_method(parameter_input)
{
//body dari method
}
Keterangan :
- Public, Method main merupakan method yang pertama dicari compiler maka harus visible oleh kelas manapun, sehingga modifier yang digunakan harus public.
- Static, Static mendefinisikan metode milik kelas dan tidak memerlukan instan objek untuk menjalankannya.
- Void, Void menyatakan method tidak mengembalikan suatu nilai.
- Main(String[] args), Main menandakan method/fungsi utama dan argumen bertipe data string yang mengandung array.
Bentuk umum untuk mendeklarasikan method bukan main adalah sebagai berikut :
Modifier tipeNilaiKembalian namaMethod (parameterInput)
{
body dari method
}
Modifier digunakan untuk tingkat aksesabilitas dari suatu method. Jenis modifier diantaranya public, private, protected, static, dan lain-lain. Berdasarkan tipe nilai kembalian (Return Value Type), method memiliki dua kemungkinan yaitu mengembalikan suatu nilai atau tidak. Bila method mengembalikan nilai, maka tipe nilai kembaliannya harus sesuai dengan tipe datanya, sedangkan bila tidak mengembalikan nilai maka tipe data ditulis void. Setiap method memiliki nama, yang nantinya akan dipanggil jika method tersebut ingin digunakan. Beberapa aturan dalam penamaan method diantaranya sebagai berikut:
- Dimulai dengan abjad (a,b,c dst) atau karakter underscore (_) atau tanda dollar ($). Tidak boleh dimulai dengan angka (0,1,2, 3 dst.
- Tidak boleh menggunakan keyword dalam java (class, public, boolean dst)
- Tidak boleh menggunakan operator(=,+,-)
- Java bersifat case sensitive (membedakan huruf kecil dan kapital), sehingga abjad “a” dan “A” dianggap sebagai karakter yang berbeda.
Jumlah parameter yang dapat diinputkan ke dalam method bisa tunggal atau banyak (multiple input). Bila bersifat multiple input maka dalam penulisan parameter tersebut harus dipisahkan dengan koma. Ketika memanggil method yang menggunakan parameter, maka urutan dari parameter harus diperhatikan.
Pembuatan object dari class dan pemanggilan method dalam class:
cara membuat object:
nama_class nama_objek = new nama_class();
cara memanggil method:
nama_objek.nama_method();
Komentar
Posting Komentar